ex0xac

Berita indonesia – Bank Indonesia (BI) mengaku tak gentar menghadapi rencana aduan tokoh FPI Rizieq Sihab. Rizieq disebut-sebut akan melaporkan Gubernur BI Agus Martowardojo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani ke Mabes Polri terkait gambar mirip palu arit di uang kertas cetakan baru.

Seperti diberitakan Metrotvnews.com, Deputi Gubernur BI Erwin Rijanto menegaskan pihaknya yakin Mabes Polri memang akan memanggil BI, tapi bukan sebagai terlapor, melainkan sebagai saksi ahli.

Kalau dipanggil (Mabes Polri), kami siap datang, namun kemungkinan besar sebagai saksi ahli,” ujar Erwin usai menghadiri peresmian kepala BI DIY baru di Yogyakarta, Jumat, (13/01/2017).

Ia kembali menegaskan bahwa tak ada gambar palu arit dalam uang kertas cetakan baru. Gambar logo Bank Indonesia yang disebut Rizieq Sihab mirip palu arit adalah soal persepsi individu.

Tidak ada palu arit di uang kita. Itu logo Bank Indonesia yang dibuat dengan sistem rectoverso atau saling isi di sisi depan dan belakang,” tegasnya.

Pencetakan logo BI menggunakan rectoverso adalah unsur pengamanan yang paling sulit dipalsukan. Ia juga menjamin segala proses desain dan pencetakan uang emisi 2016 sudah sesuai dengan undang-undang yakni dicetak di Perum Peruri.

Rabu, (11/01/2017) kemarin, Habib Rizieq menemui pimpinan DPR RI untuk meminta restu rencana pelaporan simbol palu arit tersebut. Ia ingin Mabes Polri mendalami logo mirip palu arit itu. Untuk itu mengaku sudah membentuk tim advokat dan tim pelapor.

Rizieq Sihab berencana melaporkan Gubernur Bank Indonesia, Menteri Keuangan dan Perusahaan Umum Percetakan Uang Repulik Indonesia (Peruri) karena cetakan tersebut.

Ketiganya dianggap bertanggung jawab atas munculnya logo milik Partai Komunitas Indonesia (PKI) di mata uang Rupiah cetakan terbaru. Rizieq mengatakan sudah membentuk tim advokat dan tim pelapor untuk melaporkan ketiganya ke Mabes Polri.

Kami akan laporkan ke Mabes Polri Gubernur BI, Menteri Keuangan, juga Peruri sebagai pencetak dan desain. Mereka tanda tangan (uang) artinya tanggung jawab,” kata Rizieq usai menemui Wakil Ketua DPR Fadli Zon, di Kompleks DPR, Jakarta, Rabu (11/1/2017).

Rizieq mengatakan sebelumnya sudah melayangkan protes ke polisi atas logo palu arit tersebut. Namun, dia juga dilaporkan ke polisi atas tuduhan penghasutan.

Sementara Menteri Keuangan Sri Mulyani terkait dengan rencana laporan tersebut enggan bicara banyak. Ketika ditanya mengenai kasus ini, dia hanya mengatakan akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Bank Indonesia yang juga terkait dengan kasus ini.

Kita akan koordinasi dengan Bank Indonesia,” ujar Ani sapaan akrabnya ketika ditemui di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (12/01/2016), seperti dikutip dari Merdeka.

Baca Juga : Ramalan Tahun 2017  Terbaru