ngiuqs

Berita Politik – Menjelang pemungutan suara yang tinggal 26 hari lagi, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang dipimpin Denny JA merilis hasil survei pasangan cagub-cawagub DKI 2017. Hasilnya, elektabilitas Agus Yudhyono-Sylviana Murni memimpin dibanding Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Hasil survei memperlihatkan elektabilitas Agus-Sylvi sebesar 36,7%; Ahok-Djarot 32,6%; dan Anies-Sandi 21,4%. Mereka yang belum menentukan pilihan sebesar 9,3%.

Jika Pilkada dilakukan hari ini, pasangan Anies-Sandi tersingkir di putaran pertama,” kata peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, dalam rilis survei di Graha Dua Rajawali, Jl Pemuda No. 70, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (17/1/2017).

 

Melihat hasil survei tersebut, ketiga cagub DKI merespons. Seperti apa respons mereka? Berikut ini ulasannya.

 

cojfjo

Saat dimintai konfirmasi terkait dengan dirinya memimpin elektabilitas dari 2 pasangan calon lainnya, Agus Yudhoyono mengucap syukur. Baginya yang terpenting, hasil tersebut adalah refleksi pada 15 Februari nanti.

Saya dilapori juga oleh tim bahwa hari ini rilis survei LSI. Hari ini saya tentunya mensyukuri kalau ada nilai yang baik untuk saya dan Mpok Sylvi. Tapi sekali lagi, seperti yang teman-teman tahu, selama ini bagaimana menyikapi hasil survei. Saya menyikapinya sebagai pelecut semangat lagi,” kata cagub nomor urut 1 itu di kawasan Rorotan, Jakarta Barat, Selasa (17/1/2017).

Meski memimpin hasil survei, Agus mengaku akan terus melanjutkan gerilyanya kepada warga Jakarta. Ia ingin hasil survei tersebut menjadi kenyataan.

“Tentu ini adalah kekuatan. Mudah-mudahan semangat ini akan terkonversi menjadi suara sebenarnya pada 15 Februari,” katanya.

 

kchuyx

Cagub nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tak ambil pusing soal elektabilitasnya yang dilompati Agus. Menurutnya, hasil survei dari LSI Denny JA itu dapat menjadi pemicu agar timses bekerja lebih keras.

“Ya timses mesti kerja keras, iya kan,” kata Ahok saat ditemui di Gedung Smesco, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (18/1/2017).

 

uyocbh

Berkaitan dengan hasil elektabilitas versi survei LSI Denny JA, cagub DKI Anies Baswedan bertanya-tanya.

“Justru menurut saya, survei ini muncul setelah debat. Kenapa ya kira-kira?” kata Anies di Jalan Sitrun RT 06 RW 10, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (17/1/2017).

Meski hasil survei tersebut menempatkannya di urutan buncit, Anies merasa posisinya saat ini semakin baik. Dia bahkan makin optimistis menjelang hari pemilihan.

Kalau kami sekarang jauh lebih optimistis. Betul, jauh lebih optimistis,” ucap Anies.

 

Baca Juga : Ramalan Tahun 2017  Terbaru