q7ccjm

Berita 17+  – Setelah sesi bercinta yang panas, Anda mungkin tidak ingin melakukan apa-apa dan mendambakan tidur yang nyenyak. Namun, ada baiknya Anda segera bangkit dari ranjang untuk melakukan sesuatu agar menjaga Anda tetap merasa bahagia dan tubuh sehat.

Selain itu, tak lupa ada beberapa hal yang harus dilakukan demi menjaga kesehatan vagina Anda. Berikut ini tips yang harus dilakukan wanita setelah berhubungan seks sesuai dikutip dari Marie Claire :

1. Gunakan kamar mandi bila ingin benar-benar buang air kecil

Anda pergi ke kamar mandi hanya jika Anda benar-benar harus buang air kecil.

Anda mungkin pernah mendengar, buang air kecil segera setelah berhubungan seks akan membantu Anda menghindari infeksi saluran kencing (Urinary Tract Infection) karena bilasan air akan menjauhkan bakteri yang mungkin bergerak ke arah uretra saat berhubungan seks.

Namun sebenarnya hal tersebut hanya mitos. Jika Anda tidak ingin buang air kecil setelah berhubungan seks, sebaiknya jangan memaksa.

Tunggu sampai Anda benar-benar harus buang air kecil. Tentunya, Anda tidak akan berisiko terkena infeksi saluran kencing.

2. Bersihkan vagina dengan sabun (non-wangi) dan air

Pelumas alami dan bakteri selama hubungan seksual dapat meningkatkan risiko untuk mengembangkan infeksi bakteri atau jamur.

Untuk menjaga vagina, gunakan handuk hangat yang lembut untuk menyeka vulva dengan sabun non-pewangi dan air. Anda tidak perlu membersihkan bagian dalam vagina karena bagian itu cukup ajaib dapat membersihkan internalnya sendiri.

3. Minum beberapa gelas air

Jika Anda melakukan seks yang panas, itu tak ubahnya seperti Anda berolahraga. Seperti yang kita tahu, setelah melakukan latihan apapun alangkah bijaksananya untuk menghidrasi (mengembalikan cairan) tubuh kembali.

Minumlah beberapa gelas air setelah bercinta agar tubuh terhidrasi sekaligus menghindari infeksi bakteri saluran kencing.

4. Lepaskan pakaian Anda

Lepaskan pakaian untuk menjaga Anda tetap bersih dan kering. Jika Anda ingin tetap mengenakan celana, kenakan pakaian dari katun dan longgar. Pastikan menghindari bahan nylon atau pakaian tidur super ketat.

5. Makan camilan

Camilan yang mengandung bakteri baik. Jika Anda merasa lapar setelah berhubungan seks, Anda bisa makan camilan dari yogurt, kimchi atau kombucha, yang dapat membantu memberikan bakteri baik dalam vagina Anda. Camilan yang sangat lezat ini mengurangi risiko Anda terinfeksi jamur.