ryzi1i

Berita Indonesia 222 adalah kode tanggal peresmian Kalijodo oleh Pak Basuki Tjahaya Purnama alias Pak Ahok Rabu kemarin, 22 Februari 2017. Menarik karena Jakarta baru dilanda banjir plus genangan pada hari Selasa. Pada hari Rabu bertepatan dengan peresmian Kalijodo, Jakarta sudah pulih dan normal kembali seperti biasa, seakan-akan siap menyambut peresmian Kalijodo. Banjir hari Selasa yang langsung surut memberi keleluasaan kepada warga untuk berbalik membanjiri Kalijodo. Memang jodohnya Pak Basuki dengan warga DKI.

Aksi 222 adalah aksi yang berbeda karena berisi keceriaan dan kegembiraan warga yang mendapatkan berbagai fasilitas yang menyenangkan sekaligus memanjakan warga. Aksi 222 adalah aksi yang berupa respon Pemprov DKI dalam hal ini Ahok yang peduli pada warganya dan memberi kebahagiaan melalui hiburan dan rekreasi yang keren dan gaul, gratis lagi tapi berstandar internasional. Lagi-lagi inilah jodohnya warga DKI dengan Pak Ahok.

Sempat ada kekhawatiran karena ada gerimis turun sejenak tapi setelah itu gerimisnya berhenti. Ini berkat Tuhan yang sangat luar biasa. Taman Kalijodo adalah tempat terbuka sementara tempat yang ada atapnya terlalu kecil namun awan yang menurunkan hujan gerimis segera berlalu dan warga dapat menikmati waktu peresmian dengan gembira. Inilah jodoh orang yang baik pasti ada saja berkat yang Tuhan sediakan.

Massa membludak dengan cepat di area ini karena Kalijodo mudah dijangkau warga dari berbagai penjuru Ibukota. Kalijodo tempatnya sangat strategis dengan posisi jalannya yang mempertemukan beberapa jalur baik jalan biasa yaitu dari Jl. Daan Mogot atau dari Kota Tua maupun jalur tol. Kalau jalur tol dari tol Priuk atau Kemayoran ke arah Bandara langsung exit di Angke, nyampe deh. Itulah sebabnya tempat ini menjadi tempat strategis jaman dulu untuk bersenang senang demi hawa nafsu. Kini tempat itu telah bertransformasi untuk menjadi tempat permainan dan rekreasi keluarga dan warga yang sangat murah meriah. Tempatnya strategis, emang jodoh.

Kehadiran Pak Ahok serta Ibu Vero dan Ibu Wagub Happy Farida makin semarak ditambah dengan kehadiran Ibu Mega yang turut hadir dengan atasan berwarna merah. Orang hebat pasti akan terus didukung dan dipromosikan untuk level yang sepantasnya. Dukungan yang diberikan oleh warga juga tak kalah serunya, warga terus mengeluk-elukan nama Pak Ahok saat beliau berdiri berfoto dan memberi sambutan. Pengamanan yang diberikan sangat luar biasa memberikan rasa aman dan sekaligus menunjukkan betapa Pak Ahok ini sekelas Presiden sehingga mendapat pengawalan dan pengamanan luar biasa dari Brimob serta aparat keamanan yang lain.

Kalijodo X Park adalah tempat sarana bermain yang gaul dan tersedia baik untuk anak kecil sampai dewasa dan bahkan yang usia lanjut. Selain arena skate park berstandar internasional dan BMX, juga terdapat fasilitas olah raga lain seperti futsal, jalur pejalan kaki dan bisa juga digunakan untuk senam. Taman Kalijodo juga dilengkapi fasilitas publik yang berfungsi mendukung kegiatan warga di area tersebut. Adapun fasilitas yang disediakan itu mulai dari mushala, warung kecil hingga toilet ber-AC. Ahok menjanjikan bis gratis akan menjadi sarana angkutan bagi warga yang ingin berkunjung ke sini. Dia mengupayakan juga kalau bisa lampu-lampu di Taman Kalijodo ditambah sehingga bisa dibuka 24 jam.

Seorang ulama (saya lupa namanya) yang memberi kata-kata sambutan turut menegaskan fungsi dan faedah Kalijodo. Saya akan mengutipkan kalimatnya untuk Anda yaitu beliau menandaskan bahwa Kalijodo menurutnya menjadi daerah resapan air karena tempat terbuka serta Kalijodo menjadi sarana untuk berinteraksi warga dari berbagai kalangan sehingga bisa menghilangkan perbedaan. Saya tersentak mendengar ulasan sang ulama ini.

Saya tak menyangka Kalijodo juga menjadi area resapan air karena sebagai area terbuka lebar untuk menyerap air hujan sehingga membantu dalam penyerapan air untuk mengurangi genangan dan banjir. Dengan lokasi yang sangat luas, maka disain tempat Kalijodo sudah dipikirkan untuk menjadi ruang terbuka yang multifungsi. Luar biasa disain yang dipakai untuk Kalijodo.

Kalijodo juga menjadi sarana interaksi rakyat Jakarta yang sangat majemuk sehingga bisa berelasi satu dengan yang lain. Etnis yang berbeda bisa membaur dan menyatu tanpa ada rasa curiga atau merasa superior. Ahok membangun tempat ini menjadi sarana untuk mempersatukan warga satu sama yang lain, baik yang bermata belo maupun sipit, yang rambut lurus atau keriting, semua sama-sama cinta NKRI. Ahok tanpa berkoar-koar tentang ‘Tenun Kebangsaan’ atau ‘Kebhinnekaan’ telah mendisain tempat untuk warga dapat bertemu, berinteraksi walaupun berbeda-beda tetapi satu yaitu warga Indonesia.

Terharu, seorang ulama yang memberi sambutan dalam acara peresmian ini berkata bahwa dia berharap dan ingin agar Pak Ahok bisa mereplikasi tempat seperti Kalijodo ini ke tempat yang lain. Warga langsung memberikan aplaus meriah. Pasti banyak warga yang menanti dan menginginkan ruang dan tempat rekreasi semacam Kalijodo dibangun dan dibuka untuk rakyat di tempatnya masing-masing.

Aksi 222 Kalijodo jelas lebih berkelas dan bermutu, menjadi ajang sukacita melihat pembangunan yang pro rakyat dan pemimpin yang perhatian serta memanjakan rakyat.

Emang jodohnya Pak Ahok dengan warga DKI di Kalijodo.

Sajak Buat Pak Basuki

Ini pemimpin yang sangat jeli
Tidak hanya obral janji
Tapi untuk kerja sudah terbukti
Mau melayani dengan hati

Kendati banyak juga yang dengki
Tapi dia terus maju tanpa henti
Karena dia sadar dirinya adalah abdi
Yang mau tunjukan bakti

Berkarya maksimal untuk negeri
Walaupun masih ada saja yang membenci
Dan haters terus menerus memaki
Tapi semua tantangan itu dia hadapi

Pak Ahok sudah terbukti berprestasi
Dia bukan hanya ahli diplomasi
Atau hanya sekedar berimajinasi
Tapi sangat jago dalam mengeksekusi

Dia juga sungguh sangat peduli
Memperlakukan rakyat dengan manusiawi
Walau ada saja yang mencaci
Dia tak akan pernah menepi

Dia adalah pemimpin yang membumi
Buktinya dia gampang ditemui
Sembari mengangkat harkat warga DKI
Dengan hati yang benar-benar murni

Dia berani tunjukkan tranparansi
Sudah terbukti berintegritas tinggi
Modal buat melakukan transformasi
Bikin para pemimpin lain pada ngiri

Kendati lagi diproses dan diadili
Elektabilitasnya malah semakin mendaki
Bikin lawannya mengernyitkan dahi
Ente ini sungguh sangat ahli

Kita harus angkat topi
Dia tak gentar terhadap pencuri
Yang beraksi dengan korupsi
Langsung dilabrak tanpa basa basi

Dia pemimpin yang berani menari
Di tengah tantangan para FPI
Ada tantangan dia tak akan lari
Ini gubernur sungguh berani mati

Semangat melayani sungguh berapi-api
Dengan teguh berpegang pada Konstitusi
Membuat lawan-lawannya pada keki
Membongkar kedok orang berjubah suci

Omongannya juga sangat berisi
Dengan fakta data terperinci
Program benar-benar terealisasi
Bukan hanya berteori dan berfantasi

Pak, masih banyak rakyat yang mencintai
Kau adalah pemimpin yang berbudi
Serta Gubernur yang suka berbagi
Kau selalu perhatikan masalah hakiki

Kau tata dan bereskan semua birokrasi
Kau bereskan Kalijodo menjadi asri
Kau tata DKI menjadi makin rapi
Di Balai Kota rakyat kau masih mau ladeni

Walaupun didemo berkali-kali
Kau adalah pemimpin tanpa kompromi
Berani melakukan relokasi
Menyiapkan rumah susun siap huni

Kami bangga Pak Ahok penuh inovasi
Bapak adalah pemimpin yang memotivasi
Sekaligus menularkan inspirasi
Warga Jakarta sungguh sangat hoki

Bapak berani mengeliminasi
Penyimpangan yang membuat stagnasi
Maju terus dengan determinasi
Karena Bapak punya kompetensi

Makanya yuk kita dukung, cui
Pasangan Badja bisa diandalkan, uhui
Jangan cuma jadi penonton, woi
Mari pilih nomor 2, yoi